-->

Cara Ampuh Jika Gagal Hard Reset Samsung G532G J2 Prime

- June 20, 2017
Yuhuuuii... Anda sampai kesini pasti karena sedang dalam kebingungan, kenapa ga bisa masuk recovery mode samsung G532G. Padahal lihat di youtube banyak banget tutorial how to reset samsung G532G, kelihatannya cukup dengan kombinasi tombol Volume atas + Home + Power. 

Lhaaa..ini sudah dicoba berulang-ulang, sampai jari udah lemes tak berdaya, tak kunjung juga masuk ke recovery mode agar kita bisa wipe data.

Hard Reset Samsung J2 Prime

Simak lagi cara masuk recovery mode Samsung J2 Prime berikut:
  1. Pastkan smartphone Anda dalam kondisi daya baterai minimal 20%
  2. Sekarang matikan dahulu Samsung J2 Prime. Cabut baterai dan masukkan kembali.
  3. Tekan tiga tombol yakni Volume (+), Home dan Power bersamaan. Tekan dan tahan terus ketiga tombol tersebut selama beberapa detik
  4. Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy J2 Prime maka hanya lepaskan tombol Power dan kedua tombol volume tetap Anda tahan
  5. Setelah smartphone Anda muncul robot Android maka Anda sudah bisa melepaskan kedua tombol volume.
  6. Pada saat gambar robot Android terlentang dengan teks No command muncul dilayar, Anda tekan bersamaan tombol Volume (-), Home dan Power hanya satu detik saja
  7. Anda akan melihat bahwa smartphone Anda menampilkan menu Android system recovery
  8. Anda tekan Volume (-) sebagai scrol kemenu Wipe data/factory reset lalu tekan Power untuk YES
  9. Scrol kembali ke pilihan Yes lalu tekan Power
  10. Samsung J2 Prime Anda akan memulai progres format data.
  11. Ketika progres formating telah selesai maka pilih Reboot system now dengan menekan tombol Power
Kabar baiknya, Anda tidak sendiri. Kami juga mengalaminya dan beberapa teman-teman teknisi juga mengalaminya. Entah kenapa, apa penyebabnya, itu ga penting dulu (tunggu analisa dari master aja). Sekarang kita fokus ke solusinya OK? Gimana cara hard reset samsung J2 Prime ini biar bisa membuka kunci pola atau lupa kata sandi...

Gagal masuk ke recovery mode J2 prime, biasanya yang terpikir adalah flash ulang saja. Cari dulu firmware samsung J2 Prime, gunakan Odin, lalu flash. Ternyata pengalaman pertama mimin flash ini MENGERIKAN sekali. Mau tahu kenapa?

Cara Flash Samsung J2 Prime

Sebelum ke cara yang berhasil, mimin share dulu langkah-langkah yang gagal. Lho gagal ngapain dishare... Biar Anda tidak mengalaminya lagi seperti kami. Lebih bijak belajar dari kegagalan orang lain kan??

Ide pertama kami saat gagal masuk recovery mode, yaitu flash ulang saja. Toh, mimin sudah download firmwarenya dari sammobile.com. Ternyata firmwarenya ada 4 file, istilah kerennya file pisah atau multi file samsung G532G. 

Langsung saja, mimin posisikan Samsung J2 Prime ini ke download mode, dengan kombinasi tombol Volume bawah + Home + Power, lalu tekan sekali tombol Volume Atas. Hubungkan ke komputer, Buka Odin, masukkan 4 file firmware Samsung (file kami SM-G532G_20161207_G532GDXU1APL1_G532GOLB1APK3_6.0.1), lalu klik Start untuk memulai proses flashing.

Tunggu flashing hingga selesai, namun tidak langsung ON lagi HPnya. Biasanya Samsung kalau habis diflash kan otomatis restart tuh, kok yang ini ga restart???? 

Cabut kabel data, cabut baterai, masukkan lagi baterainya, tekan tombol ON/OFF dan taraaaa HP TETAP TIDAK MENYALA

Sedikit panik....coba masuk download mode gagal juga. Lebih panik lagi....colokin ke komputer sambil tekan tombol power, eh ga detect sama sekali. PANIK LUAR BIASA.... J2 PRIME G532G DEAD BOOT jadinya. 

Cukup mengerikan ya? Atau sangat mengerikan??

Hadeuh... makanya biar Anda tidak mengalami dead boot seperti yang saya alami....baca sampai selesai ya.
(Kasus dead boot ini akhirnya diselesaikan di Samsung Service Center, biaya gratis karena masih dalam masa garansi)

Beberapa hari kemudian, datang lagi pasien dengan keluhan Samsung J2 Prime lupa pola juga. Nah..seperti biasa, coba hard reset dulu. Eitss... ga bisa lagi???? 

Dicoba lagi berulang-ulang sampai jari lemes lagi, tetap gagal masuk recovery mode samsung G532G. Seakan tidak percaya menemukan 2 HP tipe sama dengan keluhan yang sama, ga bisa direset.

Ide kedua yang muncul adalah mencoba flash TWRP J2 Prime atau CWM. Seandainya berhasil, barangkali bisa masuk ke recovery mode. Ternyata download beberapa file TWRP dan CWM, pas diflash selalu gagal, berhenti di tengah jalan dengan error bla bla blaa.

Mau tahu solusinya...lanjut baca terus.

Cara Flash Samsung J2 Prime Biar Ga Dead Boot

Ternyata nih, penyebab dead boot samsung G532G adalah ketidakcocokan BOOTLOADER dari firmare yang diflash. Solusinya adalah JANGAN FLASH FILE BL dari firmware, cukup flash file AP, CP dan CSC saja. Syukurlah, cara ini tidak membuat dead boot lagi pada HP yang kedua, walaupun menggunakan firmware yang sama. Jadi sekali kami ingatkan, JANGAN FLASH FILE BL dari firmware G532G.

Percobaan kedua flashing tanpa file BL akhirnya berhasil, HP menyala dengan normal. Masuk recovery mode J2 Prime ketika dicoba sudah bisa. Mungkin awalnya firmwarenya lebih tinggi versinya sehingga susah masuk ke recovery mode untuk melakukan hard reset j2 prime.

Nah, sudah tahu kan solusinya. Ingat ya, jangan flash file BL.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman teknisi. Oops.. masih ada satu hal lagi setelah flash dan reset, yaitu bypass FRP Samsung G532G. Caranya sudah banyak yang membahas, namun tidak ada salahnya mimin ulas sedikit juga disini. 

Bypass FRP J2 Prime

Jika di versi Lolilop, bypass frp j2 prime masih bisa menggunakan tool REALTERM dan QUICKSHORTCUTMAKER APK, cara tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk Samsung G532G yang sudah menggunakan versi Marshmallow.

Untuk yang sudah Android versi 6.0, bypass FRP Samsung G532 menggunakan trik TALKBACK. Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Siapkan koneksi WIFI. Bisa gunakan handphone teman buat tethering hotspot WIFI.
  2. Hidupkan Samsung J2 Prime dan koneksikan ke WIFI.
  3. Pada menu setting WIFI, tekan tombol HOME 3 kali secara cepat untuk mengakses "TalkBack" atau menu " Accessibility".
  4. Setelah "TalkBack" ON, usap pada layar dengan membentuk hurul besar "L", maka akan muncul menu " Accessibility Tutorial".
  5. Mungkin dalam tahap ini akan ada kesulitan tidak dapat mengakses/memunculkan Talkback. Terus berusaha, atau coba usap layar dari atas pinggir kanan kebawah pojok layar, membentuk huruf "L".
  6. Jika setelah usap huruf "L" malah masuk  muncul "Navigation Tutorial", Anda bisa tekan tombol Back untuk keluar dari "TalkBack Tutorial". Dan ulangi lagi usap membentuk huruf L.
  7. Maka akan muncul menu "Global Content Menu".
  8. Pilih "Text to Speech Settings", dengan tap 2X.
  9. Setelah didalam menu "TackBack Settings", silahkan nonaktifkan (OFF kan) TalkBack, dengan cara menekan tombol home 3x dengan cepat.
  10. Klik tombol <Text to Speech Settings di pojok kiri atas
  11. Klik tombol <Language and Input di pojok kiri atas 
  12. Klik tombol <General Management di pojok kiri atas 
  13. Di menu setting, pilih menu Device Maintenance 
  14. Pilih Device Security
  15. Di layar Terms and Conditions, klik pada link Intel Security End User License Agreement.
  16. Pilih Chrome, lalu setting sampai bisa browsing.
  17. Lalu kita ke vnrom.net/bypass
  18. Download Android 6 GAM.apk dan langsung saja diinstall
  19. Lalu download lagi quickshortcutmaker.apk. Juga diinstall saja, lalu klik Buka
  20. Cari Google Account Manager, klik dan pilih yang ada type Email and Password
  21. Klik Try
  22. Pada menu Retype password, klik pada opsi yang ada di pojok kanan atas
  23. Pilih browser sign-in.
  24. Disini Anda bisa memasukkan akun google Anda, atau punya teman juga boleh. Asalkan email dan password harus benar.
  25. Jika sudah memasukkan akun, tekan tombol back berkali-kali hingga kembali ke menu awal settingan.
Kini anda sudah berhasil bypass frp samsung J2 Prime, silakan lakukan settingan awal hingga sampai masuk ke menu utama.

Video Reset Akun Google J2 Prime

Yang kesulitan dengan langkah-langkah diatas, bisa simak video di bawah ini. Semoga membantu Anda lebih mudah mengikuti.


Solusi Samsung G532G DEAD BOOT

Dead boot menjadi hal yang mengerikan, apalagi kalau kasusnya sama seperti yang dialami mimin. Cuma memperbaiki kasus lupa pola saja lalu membuat Samsung J2 Prime menjadi dead boot. Gimana jelasin ke usernya? Iya kalau usernya mau mengerti, kalau ga..repot dah.

Sebagai teknisi, kita tetap harus bertanggung jawab, kita harus mencari solusi agar user tidak merasa dirugikan. Iya donk..

Untuk Samsung J2 Prime yang terlanjur dead boot akibat salah flash, harus diperbaiki dengan menggunakan JTAG atau DIRECT EMMC Samsung J2 Prime. Minimal harus punya box yang mendukung, misalnya UFI Box, Z3X Easy JTAG atau tool lainnya (mimin cuma punya 2 box itu)

Kita perlu membongkar mesin Samsung J2 Prime, lalu menyolder kabel jumper ke titik-titik  ISP, silakan lihat di pinout emmc Samsung G532G.

Yang butuh FILE DUMP J2 PRIME, silakan download.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...

Advertisement

1 comments:

avatar

muantappp gan suksesssss,terimakasih

 

Start typing and press Enter to search