-->

Analisa IMEI dan Baseband Unknown Samsung Android

- November 12, 2018
Sebagai teknisi HP, tentu kita sering menjumpai kasus IMEI NULL, iya kan?

Tergantung HPnya, tergantung CPUnya, solusi IMEI NULL bisa bervariasi, bisa mudah bisa juga sulit bahkan sulit sekali. Selain itu, IMEI NULL bisa saja akibat kerusakan software, bisa hardware ataupun kombinasi kerusakan software dan hardware.

Mumet kan?

Seperti yang kali ini mimin kerjakan, Samsung J320G dan Samsung N900 sinyal bulat, IMEI ga ada dan baseband unknown (pita basis tidak diketahui). Keduanya sepertinya janjian bertamu ke tempat mimin. Merek sama dan keluhan pun sama.



Karena ini adalah pasien rujukan dari konter teman, maka tidak banyak informasi yang bisa mimin dapatkan dari user langsung, apa penyebabnya, sudah berapa lama dan pertanyaan-pertanyaan yang sering dokter tanyakan kalau kita berkonsultasi saat sakit.

Namanya HP Samsung, dari sisi software, IMEI itu berkaitan dengan EFS, MODEM, CERT, NV DATA. Mimin mencoba yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu dengan write EFS dengan menggunakan Z3X Box dan BST Dongle. Tidak ada hasil yang memuaskan, saat check *#06#, masih tidak ada IMEI.

Oh ya, untuk write EFS pada Samsung J3 dan Samsung Note 3ini, kita harus melakukan root terlebih dahulu ya. Disini mimin tidak akan membahas cara root dengan step by step ya, cukup informasinya saja. Root paling gampang adalah dengan CF Root, silakan googling.

Selanjutnya, mimin mencoba write CERT pada kedua HP ini, hasilnya pun tidak memuaskan, ada error "Security damaged" pada saat writing. Masih sama saja, IMEI dan Baseband Unknown. 

Teringat mimin masih ada 1 HP Samsung Note 3 N900 di laci, kondisinya kadang suka mati mati sendiri. Tapi kan IMEI dan baseband OK. Diread EFS dan Cert lalu diwrite ke Samsung N900 yang IMEI NULL. Sepertinya ini ide yang bagus.

Langsung saja mimin root HP Note 3 yang IMEI normal, lalu read EFS dan CERT. Setelah selesai, pindah ke Samsung Note 3 yang IMEI NULL, proses write EFS normal namun pada saat write CERT tetap ada error "Security damaged"... ga usah tanya hasilnya lagi, Anda sudah bisa menebaknya.

Error security damaged itu membuat mimin bertanya-tanya. Setelah digali informasi lebih lanjut dari berbagai sumber di google, akhirnya analisa mimin mengarah kepada kerusakan hardware. 

Ada satu cara yang membuat analisa menjadi lebih mudah yaitu dengan kode *#1234#, jika hasilnya muncul AP, CP dan CSC kemungkinan masalah masih di software. Namun jika yang muncul hanya AP dan CSC, kemungkinan besar permasalahan ada di hardware.

Anda boleh saja mencoba flash terlebih dahulu dengan beberapa firmware yang berbeda, lalu setiap kali selesai flash, check lagi *#1234#, lihat apakah bagian CP terbaca atau tidak. Jika tetap tidak terbaca, maka saatnya mengerjakan hardware. Bongkar dan hajar di bagian IC Baseband.

Mimin sendiri tidak begitu pandai memperbaiki kerusakan hardware, namun saat baca-baca di group FB, ada beberapa teman teknisi yang menyelesaikan masalah IMEI pada Samsung dengan rehot IC Baseband, jika masih bandel juga, IC Baseband diganti saja.

Semoga tulisan singkat ini membantu Anda dalam analisa IMEI NULL pada HP Samsung. Analisa yang tepat dan cepat dapat membantu kita menyelesaikan permasalahan dengan waktu lebih singkat, jangan sampai lembur berhari-hari malah ga kelar-kelar.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search