-->

Cara Root Oppo A37f, Harus Baca Ini

- October 17, 2018
Tidak semua flashing berjalan dengan lancar, kadang bisa bikin pusing tujuh keliling. Kalau lagi lancar yaa lancar. Tapi kalau lagi error..hayo gimana tuh.

Seperti kasus kali ini, mimin diminta untuk root Oppo A37f.

Langkah pertama, mimin check versi androidnya di menu pengaturan. Kelihatan versi 5.1.1, masih Lollipop (harusnya mudah untuk diroot, begitu pikir mimin)

Lanjut buka google dan cari cara root Oppo A37f. Ooopss, banyak sekali artikel bagus yang disertai link firmware, flash tool bahkan apk untuk rooting Oppo A37f.

Setelah mimin coba, tidak ada satu pun yang berhasil. Hiks...sedih tuh mimin.

Cara paling umum yang dijelaskan oleh beberapa blog adalah dengan downgrade. Downgrade Oppo A37f bisa dengan file OTA yang dicopy ke memori MicroSD lalu diflash dari menu recovery. Downgrade juga bisa menggunakan firmware yang diflash dengan MSM Download Tool.

Percobaan pertama menggunakan file OTA A37fEX_11_OTA_014_all_201610141638.zip, GAGAL dengan error "The installed version is lower than current" Artinya versi file OTA itu lebih rendah dan versi firmware yang sudah terpasang di HP. Downgrade gagal.

Percobaan kedua flash menggunakan firmware yang lebih rendah versinya. Versi awal ketika HP ini masuk adalah versi A37fEX_11_A.30_171209. Mimin coba downgrade dengan file A37fEX_11_A.07_160614, hasilnya HP getar doank. Ga muncul tampilan apa-apa walaupun proses flash berjalan hingga selesai. HP cuma getar saja.
Percobaan ketiga adalah downgrade dengan firmware versi A37fwEX_11_A.22_170522. Hasilnya pun HP hidup dan menyala normal (tidak getar-getar lagi), namun tetap saja sulit untuk root.

Tidak mau menyerah, mimin tetap coba root walaupun di versi 171209. 

Percobaan root menggunakan OppoTools V1.6.5_150929.apk masih GAGAL.

Percobaan root dengan Kingo Root, King Root baik yang menggunakan apk maupun dari PC, tetap saja gagal.

Percobaan unlock bootloader tidak bisa karena syarat untuk UBL harus root terlebih dahulu. Nah untuk root aja belum berhasil, gimana mau unlock bootloader.

Oleh karena  Oppo A37f sudah locked bootloader, mimin mengambil kesimpulan, jika Oppo A37f sudah update ke versi 171209, maka sudah tidak bisa downgrade menggunakan file OTA dan flash downgrade firmware menggunakan MSM Download Tool.

Satu-satunya cara yang bisa digunakan adalah dengan menghapus isi EMMC dan mengisinya dengan firmware yang versinya lebih rendah. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang mempunyai alat untuk memprogram EMMC dan mengerti cara teknis pemograman EMMC. Mimin tidak menyarankan Anda melakukan ini, RISIKO MATI TOTAL HPnya.

Pesan mimin, ga usah coba root Oppo A37f Anda jika versi firmwarenya sudah di versi 171209, dipastikan usaha Anda akan sia-sia. Semoga tidak ada waktu yang terbuang lagi sia-sia untuk root Oppo A37f.

Sekian, semoga bermanfaat.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search