-->

Samsung Lipat E1272 Sensor Error

- October 15, 2018
Kali ini mimin mau membahas kasus Samsung E1272 yang begitu dibuka lipatannya, eh layarnya masih gelap. Harusnya kan begitu dibuka, lampu LCD langsung menyala. Ditekan tombol keypad, lampu LCD tetap tidak menyala. Tetapi begitu dicas atau ada telepon masuk, lampu LCD bisa menyala dengan normal.

Semua HP Samsung lipat menggunakan prinsip kerja yang sama, yaitu menggunakan sensor magnetik dan sebuah magnet kecil. Magnet terpasang di bagian atas, sedangkan sensor magnetik ada di bagian mesin. Saat ditutup, sensor magnetik dan magnet akan berada pada posisi berdekatan sehingga sensor magnetik dalam posisi ON dan lampu LCD akan padam. Sebaliknya saat dibuka, sensor magnetik dan magnet akan berjauhan, kondisi ini akan menyebabkan lampu LCD otomatis menyala.

Bagaimana jika sensor magnetiknya rusak? Ada 2 ciri kerusakan sensor magnetik, yaitu:
1. Ditutup atau dibuka, lampu LCD selalu menyala dan hanya padam sesuai pengaturan tampilan LCD. Artinya lampu tidak otomatis padam saat ditutup. Kondisi ini masih bisa ditolerir karena HP masih bisa berfungsi.
2. Sensor magnetik intermittent, artinya kadang mau kadang ga bisa. Kadang begitu ditutup lampu langsung padam, tetapi begitu dibuka lampu LCD tetap tidak menyala. Ditekan tombol juga tidak bisa menyala. Ini yang sedikit mempersulit penggunaan HP tersebut karena saat lampu sudah padam ketika ditutup, namun begitu dibuka tidak menyala lampu LCDnya.

Untuk kasus no 2, kita harus membuang sensor magnetik di bagian mesin. Untuk menggantinya juga boleh, jika Anda membuat sparepart untuk kanibalan. Lihat sensor magnetik, gunakan solder uap untuk membuang komponen tersebut. Selalu ingat untuk mengamankan keypad yang terbuat dari plastik, jangan sampai meleleh saat dipanaskan dengan solder uap.

Sekian, semoga bermanfaat
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search