-->

Cara Mudah Flash Samsung J110G

- October 19, 2018
Mimin itu selalu kehabisan ide untuk menulis artikel kalau ga ada pasien yang masuk ke konter untuk diservis. Nah, setelah diservis pikiran mimin langsung lancar, langsung mimin buat artikel sesuai pasien yang diservis itu.

Seperti kali ini, ada anak kecil sama papanya bawa HP Samsung J1 Ace dengan tipe J110G kondisi bootloop. Bootloop itu artinya, HP dinyalakan...muncul logo samsung...terus restart...muncul logo samsung...restart lagi.

Solusinya ya kita flash ulang saja.

Bahan yang kita perlukan adalah:
1. Komputer... masa ngeflash HP ga ada komputer.
2. Kabel data USB
3. Firmware Samsung J110G, silakan cari disini
4. Odin v3.07, silakan download disini
5. Driver Samsung, bagi yang belum punya, silakan googling ya

Pertama dan terutama, baterai harus ada isinya. Silakan cas pakai desktop charger kalau baterainya terlalu kosong. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Posisikan HP dalam mode download. Caranya mudah, tekan bersamaan tombol volume bawah + tombol home + tombol power, maka akan muncul gambar seperti berikut:

Lalu tekan tombol volume atas, maka Samsung J110G akan masuk ke download mode.

  • Langsung hubungkan ke komputer menggunakan kabel data USB.
  • Buka Odin, pastikan port sudah terbaca.
  • Load PDA...browse ke firmware yang sudah anda download.
  • Klik Start dan biarkan proses berjalan hingga selesai.

Selama tidak ada error, HP akan menyala dengan normal. Silakan setting awal seperti pengaturan bahasa, wifi dan lain-lain.

Sebagai catatan, mimin punya 2 versi firmware Samsung J110G. Pertama mimin mencoba firmware yang 1 package yaitu J110GDXU0AOK2, namun proses flash berhenti di partisi system. FAILED...

Lalu mimin ganti menggunakan firmware J110G 4 file (file multi) dengan versi J110GDXU0AOH2, ternyata proses flash berjalan hingga selesai dan HP kembali normal.

Satu hal lagi, ada kerusakan khusus Samsung J1 Ace ini yang sering disebut ODIN MODE. Gejalanya, ketika dihidupkan, HP hanya menyala dengan tulisan Odin Mode (tanpa adanya robot android). Kalau di download mode, kan ada robot androidnya.

Kerusakan dengan gejala Odin Mode pada Samsung J110G 99% adalah kerusakan IC EMMC. Perlu dilakukan penggantian IC EMMC yang hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang punya alat dan punya pengetahuan untuk itu. Bongkar LCD Samsung J1 Ace ini aja udah susah..apalagi ganti EMMC.

Semoga catatan kecil ini bermanfaat, sekian dan terima kasih sudah berkunjung ke blog helloponsel.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search