-->

Tutorial Lengkap Cara Mudah Bypass FRP Redmi 5A

- October 23, 2018
Jika sebelumnya masalah yang sering ditemukan pada smartphone Xiaomi adalah terkunci micloud, maka sekarang banyak pengguna Xiaomi mengalami masalah terkunci akun google. Sejak MIUI 9, fitur Factory Reset Protection sudah ada di rom Xiaomi.

Kali ini mimin akan membahas bagaimana cara mereset ulang HP Xiaomi Redmi 5A yang lupa akun google. Cara ini sangat mudah, penjelasannya mendetail dan di bagian akhir, ada video tutorialnya juga. Simak baik-baik ya.

Mengapa Redmi 5A bisa terkunci akun google??

Kronologisnya kira-kira seperti ini:
Si Agus mempunyai HP Xiaomi Redmi 5A, ini HP yang biasa digunakan sehari-hari. Tentu saja Agus sudah memasukkan akun google (akun gmail) di HP tersebut, terutama untuk mengakses Play Store.
Suatu hari, Agus merasa HPnya hang dan berjalan sangat lambat. Iseng-iseng Agus mencoba melakukan hard reset Redmi 5A kepunyaannya dengan menekan tombol volume atas dan tombol power.
Setelah direset ke setelan pabrik, muncul masalah yaitu pada saat pengaturan awal seperti pengaturan bahasa, lokasi, jaringan dsb, sampai di pengaturan untuk memasukkan akun google, si Agus lupa sama akun google yang telah dimasukkan di HP tersebut.
Lupaa..benar-benar lupa, kira-kira sih bisa ingat emailnya, tapi lupa passwordnya.
Nah, gimana atuh? Bingung toh..

Ga usah bingung, karena disini mimin akan menjelaskan cara bypass FRP Redmi 5A dengan hanya bermodalkan koneksi internet. Kalau di rumah ga ada wifi, bisa pinjam koneksi hotspot dari HP teman atau tetangga deh.
Cara bypass FRP Redmi 5A

Ingat ya, tutorial ini hanya untuk mem-Bypass akun Google saja, bukan untuk akun MI.

Kembali ke topik tentang cara Bypass Redmi 5A yang ternyata masih terbilang cukup mudah dibandingkan memBypass akun MI. Jadi ingat ya...Tutorial ini hanya untuk mem-Bypass akun Google saja, bukan untuk akun MI.

Persiapan Bypass FRP

Pastikan beberapa hal berikut sebelum Anda praktek cara reset akun google:
Anda harus punya akses jaringan WIFI, bisa juga gunakan sebuah smartphone lain yang masih ada kuota internetnya untuk dijadikan hotspot.
Posisi baterai pada Redmi 5A harus diatas 20% untuk menghindari kejadian baterai habis pada saat proses.
Sebuah kartu SIM yang aktif untuk mengirim SMS.

Nah, jika bahan bahan dan syarat diatas sudah anda penuhi simak baik baik langkah demi langkah yang sudah saya praktekan kemarin hari melalui tutorial dibawah ini.
Baca juga:

Langkah-langkah Bypass FRP:

1. Hidupkan Redmi 5A, masukkan kartu SIM. Di menu awal, lakukan pengaturan bahasa dan lokasi, pada menu pengaturan jaringan, Anda harus menghubungkan ke WIFI atau koneksi hotspot dari HP teman.
2. Masih pada menu Hubung ke jaringan, selanjutnya tekan pada pilihan Tambah jaringan.
3. Tulis sembarang huruf pada kotak isian SSID 
Cara bypass FRP Redmi 5A

4. Lalu block semua tulisan acak yang sudah anda buat tadi pada kolom SSID. Setelah terblock akan tampil beberapa pilihan dibawahnya seperti Potong, Salin dan Send. Kemudian anda pilih yang Send dengan ikon anak panah keatas.
5. Pada daftar menu yang tampil dibawahnya, silahkan anda pilih pada menu aplikasi Pesan.
6. Langkah selanjutnya ganti Huruf acak yang tadi anda buat dengan tulisan Youtube.com atau www.youtube.com dan pada kolom penerima pesan ketikkan 123 atau terserah anda yang penting berbentuk angka lalu kirim.
7. Anda akan mendapatkan pesan balasan dari Operator kartu SIM yang terpasang di Redmi 5A dengan format pesan "Maaf format yang anda masukkan salah bla bla bla", bila kartu SIM tersebut masih aktif.
8. Abaikan pesan tersebut... Yang anda lakukan adalah tekan sekali pada history sms yang anda kirim tadi yaitu youtube.com. 
9. Selanjutnya akan tampil menu notifikasi baru dibawahnya lalu anda pilih pada Telusuri.

10. Secara otomatis Xiaomi Redmi 5A anda akan mengarah kepada situs Youtube.com.
11. Pada laman situs youtube.com, selanjutnya tekan pada icon bergambar orang yang terletak dipojok kanan atas.
12. Pada tab baru yang muncul, tekan pada Ketentuan & kebijakan privasi.
13. maka secara otomatis ponsel Xiaomi Redmi 5A anda menampilkan sebuah notifikasi pilihan untuk memilih browser apa yang akan anda gunakan. Tekan saja pada pilihan Lainnya.
14. Pada tahap ini saya memilih Google Crome sebagai pilihan utama saya untuk berinternet ria. Tekan pada Crome untuk melangkah ke tahap selanjutnya.
15. Selanjutnya Wizard pertama akan muncul, karena baru pertama kali itu anda membuka aplikasi Google crome. 
16. Maka anda akan diarahkan secara otomatis ke halaman menu Ketentuan & kebijakan privasi pada link youtube tersebut. 
17. Sesampainya disitu silahkan anda tekan sekali saja pada alamat link youtube di bar atas sehingga akan ter-block.
18. Kemudian anda ketikkan quickshorcutmaker.apk pada kolom pencarian google. Setelah muncul penelusuran yang anda cari, tekan saja pada situs dari quickshorcutmaker agar lebih mudah dan cepat.
19. Pada laman situs tersebut pilih versi quickshorcutmaker.apk yang paling baru untuk mengunduh file apk tersebut.
20. Selanjutnya klik Unduh untuk memulai proses download quickshorcutmaker.apk yang terbaru.
21. Bila muncul peringatan izin aplikasi dari sistem android Redmi 5A pada tahap selanjutnya, pilih saja Lanjut dan Izinkan. Kemudian pada peringatan keamanan untuk unduhan yang akan berjalan secara otomatis, tekan saja pada Oke untuk melanjutkan sesi mengunduh file quickshorcutmaker.apk.
22. Bila koneksi internet yang anda gunakan berada dalam jaringan 4g maka proses download aplikasi quickshorcutmaker.apk akan berjalan dalam beberapa detik saja. Kemudian langsung saja klik pada Buka atau Open.
23. Kembali lagi anda akan dihadapkan oleh peringatan keamanan dari sistem android smartphone Redmi 5A yang muncul karena akan menginstal aplikasi yang bukan dari pengembang android. Pilih saja pada Setelan dan aktifkan mode menginstal aplikasi dari Sumber tidak dikenal kemudian pilih  lagi Oke.
24. Selanjutnya proses penginstalan aplikasi quickshorcutmaker akan berjalan dengan sendirinya. Tunggu hingga selesai dan tekan pilihan Buka.
25. Setelah aplikasi quickshorcutmaker terbuka, langsung saja anda pilih pada tab APLIKASI lalu geser kebawah sampai menemukan menu Setelan dan buka menu tersebut.
26. Pada menu tersebut, pilih saja pada pilihan Coba untuk mengakses ke menu setelan Xiaomi Redmi 5A anda.
27. Pada tahap ini kesuksesan anda akan diuji.... Pada menu Setelan android Xiaomi Redmi 5A anda tekan pada menu paling atas yaitu Tentang ponsel.
28. Tekan beberapa kali pada Versi MIUI sampai muncul pesan sebagai berikut: "Sekarang anda adalah seorang pengembang!"
29. Tekan tombol kembali diXioami Redmi 5A anda lalu cari menu Setelan tambahan pada menu Setelan lalu buka Opsi pengembang dan aktifkan mode Buka kunci OEM. Pada notifikasi pesan "Izinkan pembukaan kunci OEM?" tekan saja Aktifkan.

30. Kembali ke layar sebelumnya, lalu masuk lagi ke menu Setelan tambahan, lihat dan PASTIKAN BUKA KUNCI OEM SUDAH AKTIF. Lakukan ini beberapa kali hingga Anda benar-benar yakin bahwa opsi Buka Kunci OEM sudah aktif. 
30. Tahap selanjutnya tekan lagi pada back dilayar smartphone Xiaomi Redmi 5A anda dan pilih pada Cadangkan & Setel ulang lalu pilih menu Kembalikan ke setelan pabrik dan tekan pada Setel ulang telephone.
Cara bypass FRP Redmi 5A

31. Ikuti semua langkah-langkah untuk setel ulang Redmi 5A, lalu HP akan reboot, tunggu hingga proses selesai dan muncul menu MIUI 9 lagi.

Saat penyetelan awal lagi, seharusnya sudah tidak meminta akun google yang lama lagi karena sudah kita bypass FRP Redmi 5A. Jika masih ada kesalahan, ulangi langkah-langkah diatas. Kunci utamanya adalah pada langkah no. 30, Anda harus PASTIKAN BUKA KUNCI OEM BENAR-BENAR SUDAH AKTIF. Ceritanya mimin pernah mengaktifkan opsi Buka Kunci OEM ini, lalu mereset ulang Redmi 5A dan ternyata setelah selesai masih juga meminta akun google yang lama. Ternyata setelah diteliti, BUKA KUNCI OEM harus dilakukan berkali-kali hingga benar-benar aktif.

Video Bypass FRP 

Nah, yang masih bingung, mungkin video Bypass FRP Redmi 5A berikut bisa membantu. Bantu Like dan Subscribe ya.


Jika masih kesulitan juga, mimin menyarankan agar Anda membawanya ke konter terdekat yang bisa service HP. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search