-->

Solusi Jalur On Off Samsung J2 Putus

- November 03, 2018
Samsung J2 merupakan salah satu tipe Samsung yang cukup laris di pasaran. Maklum lah, ini HP Samsung seri awal yang mendukung jaringan 4G. Walaupun sekarang sudah terasa bahwa penyimpanan internal Samsung J200G ini sangat kecil, namun masih banyak user yang menggunakan HP ini.

Mimin kali ini mau membahas putus jalur on off Samsung J2. Kebetulan barusan selesai mengerjakan HP tersebut. Kasusnya adalah Samsung J2 tidak bisa dinyalakan, tetapi kalau dicas bisa masuk (ada tampilan indikator baterai mengisi)

Hal pertama, mari kita bongkar HPnya. Samsung J2 termasuk tipe yang sulit dibongkar karena harus dilepas dari bagian LCDnya terlebih dahulu. Risiko LCD pecah dan retak boo... LCDnya mahal pula.

Mimin sendiri tidak berani membongkar LCD tipe beginian, kebetulan saja pasien yang masuk ini sudah pernah ganti LCD. Jadi lebih gampang untuk membongkar LCD. Harus ekstra hati-hati saat membongkar LCD Samsung J2 ya..

Lanjut...

Setelah mesin sudah dilepas, mari kita check kondisi switch on off. Gunakan multitester. Saat dicheck, ternyata kondisi On Off bagus. 

Mimin test di power supply, tekan on off namun tidak ada pergerakan arus. Short kedua kaki on off dengan menggunakan pinset, juga tidak ada konsumsi arus.

Sepertinya ini putus jalur on off....

Untuk mengetahui jalur on off Samsung J2, ada 2 cara yaitu cari di google (kali-kali ada yang share) dan cari di skema Samsung J2.

Yang membutuhkan schematic Samsung J2, silakan download.

Untuk menyelesaikan masalah putus jalur pada Samsung J2, ya kita harus melakukan jumper dari kaki on off ke komponen yang merupakan jalur on off. Ada 2 cara untuk menentukan dimana titik kita harus melakukan jumper.

Cara pertama dan paling akurat adalah dengan melihat skema Samsung J2. Dengan bantuan skema, kita bisa melihat rangkaian pada bagian on off, melihat jalur dari on off terhubung ke komponen apa. Lalu kita juga bisa melihat tata letak komponen. 

Intinya, skema akan membantu kita lebih cepat menemukan jalur on off Samsung J2.

Cara kedua adalah dengan short kaki komponen tertentu ke ground. Ini biasanya digunakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman ataupun jika tidak ada skema rangkaian. Dengan menggunakan power supply dan pinset untuk short komponen, kita mencari kaki komponen mana yang jika dishort ke GND akan membuat HP menyala (terlihat dari jarum ampere naik).

Cara ini memang bisa dilakukan namun mimin tidak menyarankan teknisi pemula untuk mencoba cara ini, lebih baik melihat skema rangkaian saja. Lebih tepat dan lebih akurat.
Baca juga:

Secara singkat, bisa mimin jelaskan seperti ini:
1. Kita lihat skema rangkaian on off Samsung J2 seperti berikut
jalur on off samsung j2

2. Terlihat bahwa satu kaki on off terhubung ke komponen R5038 dan kaki on off lainnya terhubung ke komponen ZD5015, C5020 dan R5003.

3. Lakukan pengukuran dengan menggunakan multitester untuk menentukan kaki mana yang putus jalurnya. Lihat tata letak komponennya berikut ini
jalur on off samsung j2

4. Jika sudah menemukan jalur yang putus, gunakan kawat jumper untuk menghubungkan jalur yang terputus.

Bagi yang kesulitan melihat skema, silakan lihat gambar jumper on off Samsung J2 berikut ini:
jalur on off samsung j2

Mudah ya... memang mudah, asalkan mengerti dan tahu caranya, pasti bisa dikerjakan dengan baik.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search