-->

Cerita Sukses Flash Coolpad E502 Dalam 2 Hari

- May 01, 2018
Kali ini saya mau cerita proses saya akhirnya berhasil flash Coolpad E502 setelah mencoba berkali-kali selama 2 hari. Ada banyak suka dukanya boo...

Ini pasien lemparan dari konter teman, datang dengan kondisi BOOTLOOP. Awalnya ga tahu ini HP tipe apa, ga ada tulisan sama sekali. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan kondisi seperti ini adalah mencoba masuk ke mode recovery, barangkali ada info versi atau tipe yang bisa dilihat lalu kita cari tahu apa tipe HP ini.


RECOVERY MODE

Cara masuk recovery mode Coolpad E502 ini mudah saja, tekan dan tahan tombol Volume atas + Power. Begitu HP menyala, tombol power dilepaskan tetapi tombol Volume Atas tetap ditahan hingga muncul gambar robot Android.

Selanjutkan tekan tombol power terlebih dahulu, lalu dengan cepat tekan tombol Volume Atas, maka akan muncul menu recovery. Jika gagal, silakan ulangi kembali ya.

Inilah penampakan Coolpad E502 dalam recovery mode.


Sekilas tidak tampak ada tulisan E502, cuma karena udah berpengalaman dengan jam terbang tinggi, sekilas fokus pada tulisan Y83-S00. Mulailah mencari di google dengan kata kunci firmware Coolpad Y83-S00, hasil pencarian teratas ternyata menunjukkan Coolpad Mega 2,5D yang ternyata setelah saya download filenya tidak cocok.

Karena tidak ada titik terang untuk menemukan tipenya, maka saya mencoba untuk Read Info dari HP tersebut. Awalnya saya coba menggunakan UFI Box untuk Identify Device, hasilnya error. Cuma bisa diketahui chipsetnya MT6735M.

Connecting Bootrom... Done.
Sending Download Agent... failed
Platform: MT6735M_S00, Hw ver: 0xCA00, Sw ver: 0x0000
 Secure config: 0x00
Error: 2035 (S_BROM_CMD_JUMP_DA_FAIL)
 Try to connect in BootROM mode(MTK USB Port) by holding VOL DOWN or UP/connect KCOL0 to GND while connecting USB cable

Setelah berkali-kali gagal Identify Device dengan UFI, tidak ingin berputus asa, saya mencoba menggunakan Miracle Box (versi crack ooopss). Read Info pun gagal dengan Miracle Box. Percobaan berikutnya adalah dengan Uni Android Tool (lagi2 versi crack ooopss). Tool ini pun gagal detect HP tipe ini.

Setelah mutar sana sini, akhirnya saya yakin ini adalah Coolpad dengan tipe E502 yang ternyata sudah pernah saya pegang duluuuu banget, pas ada pasien Bypass FRP Coolpad E502. Yang butuh infonya, silakan check video berikut ini:



Flashing

Setelah yakin HP ini tipenya Coolpad E502, saya mencari di koleksi fimware saya dan menemukan ternyata saya sudah punya firmware Coolpad E502 ini. Filenya dengan format CPB yang bisa kita flash dengan menggunakan tool YGDP. Saya tidak akan membahas cara flash Coolpad E502 dengan tool YGDP karena sudah banyak yang membahasnya. Lagian cara ini pun tidak berhasil ketika saya coba, selalu stuck alias berhenti dengan tulisan Entering Download Mode. Padahal saya lihat video tutorial di youtube, asal dalam fastboot mode...proses flashing harus sudah berjalan.

Oh ya..ada satu keanehan coolpad E502 yang sedang saya tangani ini, HP sudah dalam fastboot mode tetapi program ADB tidak bisa membaca HP ini. Jadi ketika kita mengetikkan perintah fastboot reboot, tidak terbaca HP ini dan tidak akan reboot.

Lanjut cerita flashing, karena gagal flash dengan YGDP tool, maka saya mencari cara convert file CPB ke file scatter agar bisa flash menggunakan SPFT. Caranya mudah saja, ga usah convert pakai tool.... karena setiap kali YGDP tool meload file CPB, maka secara otomatis akan diekstrak menjadi file scatter dan disimpan di folder tempat instalasi YGDP tool (biasanya di Drive C). Silakan check folder dan cari folder DownFiles. File ini saya copy ke tempat lain lalu mulailah percobaan flashing coolpad E502.

Percobaan pertama dengan UFI Box, selalu gagal karena selalu error walaupun saya sudah memasukkan file scatter dan mengganti file DA.

Percobaan kedua dengan Miracle Box, ini pun error dan flash tidak berjalan. 

Percobaan ketiga dengan SPFT, selalu muncul BROM error (saya tidak mencatat kode errornya)

Ketiga cara diatas saya coba berulang-ulang namun tetap gagal walaupun di Device Manager HP sudah terbaca sebagai Mediatek Preloader USB Vcom port. 

Singkat cerita, satu hari pun berlalu dan HP masih bootloop dan saya tinggal tidur karena hari sudah malam.

Flashing Hari Kedua

Keesokan harinya, saya mencoba flash lagi..namun kali ini saya teringat akan pesan error dari UFI yang bunyinya seperti ini, Try to connect in BootROM mode(MTK USB Port) by holding VOL DOWN or UP/connect KCOL0 to GND while connecting USB cable

Logikanya begini, HP selalu terbaca sebagai Mediatek Preloader USB Vcom Port, mungkin proses flash bisa berjalan kalau HP ini bisa terdetek sebagai MTK USB Port. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memaksa HP terbaca sebagai MTK USB Port adalah dengan short titik KCOL0 ke GND. Kebetulan nemu titik KCOL0 di web xdadeveloper. Silakan lihat gambar berikut ini..


Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya proses flash berjalan dengan Uni Android Tool. Horeeee.... sambil menunggu proses flash berjalan hingga selesai, sarapan dulu ahh.

Selesai sarapan, proses flash telah selesai. Saya coba nyalakan HPnya, hanya muncul tulisan Factory lalu ada tulisan lagi Up Down..udah gitu doank. Huftt...belum normal juga nih HP.

Sudah ada titik terang, minimal proses flash sudah bisa berjalan, maka saya mencari firmware lainnya dengan kata kunci "firmware coolpad y83-s00 firmware27" Lho...kok ada kata firmware27???? Ini karena saya sudah sering banget menemukan firmware yang bagus di blognya mas Ariefati ini, recommended banget

Setelah saya download file di blog firmware27.net lalu saya flash ulang. Oh ya, ini file yang saya download:
Scatter Firmware
6.0.055.P2.170623.Y83_S00_Scatter.tar.gz
Type: ROM Size: 1.4GB

Selesai flash, dinyalakan masih sama juga. Saya kembali ke blog firmware27.net dan membaca sampai selesai, eh ternyata ini namanya Factory Mode Coolpad E502. Tool untuk exit factory mode juga ada di blog firmware27.net. Setelah saya jalankan toolnya, akhirnya HP menyala dengan normal.



Puji Tuhan, hanya Tuhanlah yang menolong umatnya. Ketika berhasil, ingat pertolongan Yang Maha Kuasa dalam pekerjaan kita. Semoga bermanfaat...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search