-->

Kumpulan Solusi Perbaikan Xiaomi Redmi 2

- May 27, 2018
Info apa yang mungkin kita perlukan (sebagai teknisi) tentang Redmi 2. Berikut kami menyediakan beberapa info seputar Redmi 2 yang mungkin berguna bagi kita sebagai teknisi.

Skema Redmi 2

Ini ga usah dipertanyakan lagi. Setiap teknisi kalau yang menangani hardware, pasti butuh skema. Skema sangat membantu kita dalam analisa kerusakan HP, mempermudah kita melakukan pengukuran dan membantu kita mencari jalur rangkaian.

Back to Content ↑

Jalur ON/OFF Redmi 2

Kerusakan on/off seringkali ditemukan, solusinya pun bisa jadi berbeda tergantung kondisi HP tersebut. Ada yang cukup ganti on/off sudah selesai, ada yang ternyata putus jalur sehingga kita harus melakukan jumper alias pasang tali jemuran. Jalur on off Redmi 2 jarang diperlukan, jarang putus jalur. Lagian on off ways bisa dirunut ke titik TP25 (lihat skema). Biar kalian ga susah-susah cari jalur on/off Redmi 2, silakan lihat di gambar berikut:




Back to Content ↑

Test Point Redmi 2

Test point itu digunakan untuk masuk ke mode EDL dimana HP akan terbaca sebagai Qualcomm HS QDloader 9008. Mode ini digunakan agar kita bisa flash HP tersebut. Lha..emang ga bisa diflash pakai cara lain?? Yaa..kalau bootloader locked, jelas kita ga bisa flash via fastboot maupun via recovery. EDL mode satu-satunya cara agar kita bisa flash HP yang locked bootloader.

Test point redmi 2 jarang diperlukan karena bootloader Redmi 2 unlocked dari pabriknya. Namun, dalam kasus mati total, test point mungkin saja bisa dicoba untuk memaksa Redmi 2 masuk ke mode EDL. Caranya mudah, tinggal short 2 point di PCB (lihat gambar) dengan menggunakan pinset, dan lihat di Device Manager apakah sudah terbaca atau belum.


Back to Content ↑

File Modem Redmi 2

Redmi 2 mempunyai beberapa varian, ada 2014811, 2014813, 2014817 dan 2014819. Walaupun firmware yang digunakan sama, namun file modemnya berbeda. Sering ditemukan kasus Redmi 2 sinyal hilang setelah diflash. Solusinya cukup mudah, flash file modem via fastboot mode dengan perintah berikut:

fastboot flash modem filemodem.img

Untuk file modemnya, bisa download dari link berikut:

Back to Content ↑

Jalur Charging / USB Ways Redmi 2

Saat kami mencari info ini, ternyata tidak ada yang share sama sekali. Menurut kami, Anda tidak usah repot mencari jalur charging Redmi 2 (bikin pusing jumper2 euy..) langsung saja ganti papan casannya, harganya cuma sekitar 20ribuan. Di tokopedia banyak yang jual kok


Back to Content ↑

Remove Micloud Redmi 2

Buat Redmi 2 yang terkunci micloud, kita perlu menggunakan box seperti UFI Box, BST Dongle, MRT Dongle atau Box lain untuk mempermudah kita menghapus micloud Redmi 3s. Kami pribadi lebih sering menyelesaikan micloud Redmi 2 dengan downgrade ke MIUI 7. Dijamin micloud hilang. Untuk MIUI 8 keatas, simak video remove micloud menggunakan box UFI berikut ini:

Back to Content ↑

Fix Wifi dan Bluetooth Error

Seringkali saat kita unlock micloud (terutama yang menggunakan BST Dongle), WIFI dan Bluetooth menjadi tidak berfungsi. Ini dikarenakan partisi persist dihapus atau file persist tidak cocok. Silakan flash saja menggunakan file berikut ini:

Back to Content ↑

Kamera Tidak Terhubung / Gagal Membuka Kamera

Kasus ini sering ditemukan pada Redmi 2, kerusakannya bukanlah pada modul kamera tetapi pada EMIF (lihat skema). Solusinya adalah dengan mengganti EMIF yang rusak atau dijumper langsung.

Ini hasil solderan saya, ga rapi2 amat tapi berhasil. Yang penting sobek nota
jumper kamera redmi 2
Semoga bermanfaat
Back to Content ↑
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search