-->

Aplikasi Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

- December 04, 2016
Smartphone semakin menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Tak heran, smartphone sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian masyarakat di tanah air, bahkan masyarakat dunia juga sama. Tiada hari tanpa memegang smartphone, dan serasa ga bisa hidup tanpa smartphone. Maklum saja, kebutuhan akan informasi, hiburan, sosial dapat diakses melalui smartphone.

Mobile Phone, Smartphone, App, Networks, Internet

Survei yang dilakukan oleh Digital Lifestyle & eChannel dalam tahun 2016 ini, industri telematika Indonesia mengalami pertumbuhan yang banyak didorong oleh aplikasi over the TOP (OTT). Aplikasi yang populer di kalangan masyarakat seperti Facebook, Twitter, BBM, Go-Jek, Uber, WhatsApp, Line, Messenger telah mendorong kebiasaan menggunakan smartphone hingga ke masyarakat paling bawah sekalipun. Tidak hanya di kota besar, di desa sekalipun kebutuhan akan akses data internet semakin diperlukan.

Lembaga Riset Telematika Sharing Vision mengatakan, dari dua kali survei yang dilakukan oleh pihaknya sepanjang tahun 2016 ini, dapat disimpulkan betapa lekatnya aplikasi-aplikasi tersebut dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Salah satu contohnya, hasil survei menunjukkan pilihan utama masyarakat dalam memilih sarana transportasi publik sebagai berikut:
41% memilih ojek dan taksi online via aplikasi
38% tetap menggunakanojek/ taksi/angkot/ transjakarta konvensional
21% masih menggunakan reservasi taksi/ojek via telepon.

Selain itu, media iklan atau info produk yang paling berpengaruh dalam meyakinkan calon pembeli untuk melakukan transaksi adalah sebagai berikut:
67% melalui browsing dan klik iklan online, 
23% melalui iklan di media konvensional
10% dari iklan di layanan pesan singkat/SMS.

Yang lebih menarik lagi adalah soal nonton film, hasilnya cukup mengejutkan:
42% responden menyatakan memilih menonton video atau film via internet baik situs gratis atau berbayar, 
30% masih membeli DVD atau menonton TVkabel seperti FirstMedia, Big TV, Orange TV, Indovision dll, 
28% yang masih memlih nonton di bioskop.

Dari segi e-commerce, hasil survei menunjukkan 93% responden mengaku pernah berbelanja via online dan 70% di antaranya pernah melakukan BOOKING ONLINE baik itu tiket bioskop, tiket kereta atau tiket pesawat. 

Semua ini menunjukkan perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan smartphone, dari komunikasi suara dan SMS beralih ke aplikasi-aplikasi untuk chatting, browsing dan media sosial. Awal tahun 2000, ponsel masih diandalkan untuk komunikasi via telepon dan sms, namun kini ponsel digunakan untuk mencari informasi, media bersosialisasi, hiburan dengarin musik atau nonton film, membeli keperluan atau barang tertentu hingga alarm untuk bangun tidur.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search