-->

Empat Cara Buka Kunci Oppo F1s, Keren Infonya

- May 31, 2018
Kasus Oppo F1s terkunci sering sekali ditemukan, apalagi Oppo F1s merupakan salah satu smartphone Oppo yang sangat laris di pasaran. Kali ini, sengaja saya menulis secara lengkap solusi Oppo F1s terkunci, sekaligus membahas cara bypass FRP Oppo F1s.

Di video tutorial cara buka kunci Oppo F1s di channel Youtube saya, ada banyak pertanyaan yang masuk. Maklum, tutorial ini dibuat apa adanya tanpa diedit dan infonya pun kurang jelas. Maka saya sengaja membuat tulisan ini untuk melengkapi video di channel Youtube saya.

Ga tanggung-tanggung, saya akan mengupas semua cara yang bisa dilakukan untuk membuka kunci pola Oppo F1s, mulai dari yang pakai tool gratisan hingga pakai box flasher seperti UFI Box. Ada cara yang berisiko hingga cara yang aman, bahkan tanpa kehilangan data penting seperti kontak telepon, sms, foto dan data lainnya di HP. Penisiran kan?

Cara 1: Downgrade firmware Oppo F1s
Seperti kita ketahui, menu recovery Oppo F1s tidak ada pilihan untuk wipe data alias factory reset. Banyak orang kebingungan bagaimana menghapus userdata Oppo F1s. Oh ya, menghapus userdata itu sama saja dengan menghapus kunci pola ataupun kunci kata sandi di Hp tersebut.

Salah satu cara agar menu recovery Oppo F1s ada pilihan wipe data adalah dengan melakukan downgrade firmware. Selesai downgrade, maka ada pilihan untuk wipe data. Downgrade ini dilakukan dengan menggunakan file OTA yang dimasukkan ke memory microSD lalu diupdate via recovery mode (install from storage device).

Pertanyaannya adalah, firmware versi berapa yang menu recovery ada pilihan untuk wipe data? Saya sendiri tidak tahu ada berapa versi, yang pasti saya sendiri menggunakan versi ini: A1601EX_11_OTA_019_all_201610112241_local.zip
Saya sendiri tidak menggunakan cara ini lagi. Alasannya:
a. Cara ini mungkin tidak bisa digunakan lagi. Barangkali firmware terbaru sudah ada patch agar Oppo F1s tidak bisa didowngrade ke versi ini lagi. Jika Anda mencobanya, mungkin gagal downgrade.
b. Cara ini agak lambat. Kita harus download firmware yang berukuran 1GB lbh, belum lagi ditambah proses installnya dan waktu menunggu proses loading setelah install.

Cara 2: Flash partisi userdata
Oppo F1s ini menggunakan chipset Mediatek. Kita bisa menggunakan Smartphone Flashtool (SPFT) untuk melakukan proses flashing. Dengan SPFT kita bisa memilih partisi apa saja yang akan kita flash. Nah, kode kunci atau kunci pola kan tersimpan di userdata, kalau kita flash partisi userdata, maka kode kunci akan terhapus. 

Silakan gunakan firmware versi apa saja untuk flash partisi userdata. Mau versi apa, ga masalah. Selama Anda mengerti cara flash dengan menggunakan SPFT, cara install driver mediatek dan paham risikonya, maka cara ini mungkin menjadi salah satu solusi buka kunci Oppo F1s.

Saya sendiri tidak menggunakan cara ini, KURANG CANGGIH. Belum lagi kalau salah flash, bisa error tuh HP. Masa gara-gara buka kunci, terus HP jadi error. Ga lucu kan...

Cara 3: Format partisi userdata dan FRP
Cara ini cukup cepat dan mudah, tapi berisiko tinggi. Prosesnya cepat, tapi jangan sampai Anda salah melakukannya. Risiko error bahkan matot pun bisa terjadi. Silakan ikuti tutorial berikut ini:

Untuk filenya, bisa Anda download disini. SPFT googling aja, udah banyak yang share. Saya sendiri menggunakan SPFT versi SP_Flash_Tool_exe_Windows_v5.1612.00.000.

(no password)

Oh ya, apabila pattern lock hilang tapi minta id google (frp) lakukan cara berikut:
1. buka SPFT, masuk tab format
2. klik manual format flash
3. begin addres isi dengan 0x3f88000
4. format length isi dengan 0x100000
5. klik start, tunggu hingga selesai.

Saya sendiri sering menggunakan cara ini karena mudah dan cepat. Namun saya tidak menyarankan Anda menggunakan cara ini jika Anda bukan seorang teknisi HP atau opreker yang mengerti cara flash menggunakan SPFT. Risiko ditanggung Anda sendiri, saya tidak bertanggungjawab jika HP Anda matot ya..

Cara 4: Read Pattern Code, Membuka kunci Oppo F1s tanpa kehilangan data
Cara ini paling keren deh, kita bisa membaca kode kunci pola di Oppo F1s. Jadi data penting seperti foto, video, nomer kontak, sms dan aplikasi yang diinstall pun tidak akan hilang. Ga usah repot bypass FRP, karena kita bisa tahu kode kunci pola di HP tersebut.


Sayangnya cara ini tidak menggunakan tool gratisan. Salah satu alat flasher yang bisa membaca kunci pattern adalah UFI Box. Mungkin box flasher lain juga ada fitur seperti ini, tapi saya sendiri hanya punya UFI Box. UFI emang keren euy...

Silakan lihat caranya disini saja: 


Nah, semoga info 4 cara buka kunci Oppo F1s ini bermanfaat. Semoga tulisan ini bisa menjawab semua pertanyaan di channel Youtube saya tentang buka kunci Oppo F1s.


Advertisement
 

Start typing and press Enter to search