-->

Cara Mudah Reset Akun Gmail Asus Zenfone 3

- January 24, 2017
Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya.

Sejak Android versi 5 yaitu Marshmallow, Google sebagai pengembang OS Android memperkenalkan fitur FRP (Factory Reset Protection), tujuannya sih bagus yaitu untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakan perangkat tersebut. Mirip seperti fitur Icloud pada Iphone, fitur FRP ini akan meningkatkan security pada OS Android.

Di akhir tahun 2015, metode OTG masih bisa digunakan. Namun di tahun 2016, Samsung sudah patch lubang security ini sehingga metode OTG ga bisa digunakan lagi. Namun tetap saja ada yang bisa mencari celah keamanan Android Marshmallow ini, yang dikenal metode Sidesync. Metode ini memerlukan kita menginstall program Sidesync di komputer. 

Jika Asus Zenfone 3 terkunci akun gmail, akan muncul pesan "This device was reset. To continue, sign in with a Google Account that was previously synced on this device". Jika Anda ingat akun gmail dan passwordnya, silakan masukkan dan HP Anda akan terbuka kuncinya.

Kali ini, kita akan bahas cara reset FRP Asus Zenfone 3. Kebetulan lagi dapat pasien hp ini, jadi sekalian saya bikin tutorial bypass FRP, videonya punya channel Bacba. Cukup ikuti tutorial disini, lihat juga videonya, dijamin Anda pasti bisa bypass FRP di Asus Zenfone 3 ini. Saya tidak mengikuti 100% sesuai dengan video, dikarenakan ada proses download Google Account Manager apk dan Quickshortcutmaker apk. Saya udah download terlebih dahulu dan menyimpannya ke memori micro SD. Sayangnya, saya tidak sempat membuat video versi saya dikarenakan buru-buru ditungguin usernya.


Bypass FRP Asus Zenfone 3

Bypass FRP Asus Zenfone 3


Intinya begini, proses bypass FRP Asus Zenfone 3 triknya adalah bagaimana mengakses Google Apps, lalu menginstall Google Account Manager apk dan Quickshortcutmaker apk. Setelah itu, kita bisa login sembarang akun gmail dengan bantuan Quickshortcutmaker apk. Sebenarnya intinya cuma begitu, hanya saja proses di tiap HP bisa berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan di bawah ini.

Sebaiknya cabut kartu SIM dan kartu memori micro SD yang terpasang di HP. Pastikan baterai terisi minimal 20% untuk melakukan proses ini. Kami tidak bertanggungjawab atas segala kerusakan yang mungkin muncul, DO WITH YOUR OWN RISK.

Langkah-langkahnya:
  1. HP Asus Zenfone 3 dinyalakan, setting sampai ke menu terkunci akun gmail. Diperlukan jaringan internet ya, baik itu wifi ataupun data seluler.
  2. Di kotak, enter your email, ketik sembarang kata lalu klik dan tahan di kata tersebut, akan muncul opsi Select All, Cut, Copy. Klik opsi disamping Copy, lalu pilih Assist.
  3. Muncul Google Apps, klik No Thanks. 
  4. Di bagian search bar, ketik File maka akan muncul aplikasi File Manager. Dari sini, caranya udah berbeda dengan yang dijelaskan di video.
  5. Dari File Manager, browse ke kartu SD lalu install Android_6_GAM apk
  6. Lanjutkan dengan menginstall QuickShortcutMaker apk, lalu buka aplikasi ini.
  7. Ketik google, lalu pilih pengelola akun google (atau google account manager).
  8. Klik Coba (atau try), lalu klik opsi di pojok kanan atas, pilih Browser sign-in.
  9. Login dengan sembarang akun gmail.
  10. Restart lalu lakukan setting seperti biasanya, kali ini harusnya udah ga terkunci akun gmail lagi.
  11. Semoga berhasil.


Untuk yang tidak ada opsi Browser sign-in, lakukan hal berikut:
  1. Buka Settings, pilih About, pilih Software Information, klik Build Number beberapa kali hingga muncul tulisan Your are now a developer.
  2. Kembali ke menu Setting, lalu buka Google, pilih Security, nonaktifkan opsi "Allow remote lock and erase" dan "Improve harmful app detection".
  3. Kembali ke menu Settings, pilih Apps, klik Opsi di pojok kanan atas, pilih "Show system"
  4. Geser kebawah, cari Google Account Manager. Klik "Storage & USB", lalu pilih Clear Data. Lalu klik Disable, selanjutnya klik Force Stop.
  5. Geser kebawah, cari Google Play Service. Klik "Storage & USB", lalu pilih Clear Data. Lalu klik Disable, selanjutnya klik Force Stop.
  6. Geser kebawah, cari Google Service Framework. Klik "Storage & USB", lalu pilih Clear Data. Lalu klik Disable, selanjutnya klik Force Stop.
  7. Restart HP dan lakukan settingan awal. kali ini harusnya udah ga terkunci akun gmail lagi.
  8. Semoga berhasil.

Lihat videonya berikut ini:



Metode diatas juga bisa digunakan untuk bypass FRP tipe Asus Zenfone lainnya yang menggunakan OS Marshmallow seperti:
Asus Zenfone Max
Asus Zenfone 3 Deluxe
Asus Zenfone 2

Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search