-->

Error Saat Flash Advan S7A

- November 04, 2018
Topik kali ini adalah cara ngeflash tab Advan S7A.

Kenapa dibahas? Karena selalu ada tantangan saat flash HP, bahkan bagi teknisi HP yang kerjaannya tiap hari flash HP, tetap ada tantangan berbeda walaupun menghadapi tipe HP yang sama.

Seperti kali ini yang sedang mimin kerjakan, Tab Advan S7A bootloop. Bootloop itu artinya tab bisa menyala..loading logo Advan...lalu tiba-tiba mati...menyala lagi..loading logo Advan dan mati lagi. Terus-terusan begitu.

Yang jelas ini bukan kali pertama mimin flash tab Advan ini. Mimin sudah punya 2 versi firmware Advan S7A ini. Ada S7A biasa, ada S7A Sekolah bahkan mimin pernah lihat S7A Hidayah.

Awal tab ini masuk, sempat bingung juga karena tidak ada stiker belakang yang menunjukkan tipe tab ini. Saat dibongkar di casing belakangnya, di bagian mesin atau baterai juga tidak ada tulisan tipe tab ini. Untungnya yang punya tab, tahu dan hapal tipe tabnya, Advan S7A.

Seperti biasa, mimin kalau flash selalu menggunakan tool andalan, UFI Box. Nah, saat flash Advan S7A ini ternyata tidak berjalan lancar seperti biasanya. Di UFI, selalu berhenti dengan error "Connect boot mode failed"

Oh ya, tombol boot Advan S7A di tombol volume atas.

Karena beberapa kali percobaan di UFI selalu berakhir dengan error yang sama, mimin mencoba menggunakan SPD Tool saja, versi SPD tool yang mimin gunakan adalah SPD_Upgrade_Tool_R4.0.0001.

Jangan tanya toolnya download dimana, ga bakalan mimin kasih tahu (wong di google banyak yang share kok)
Baca juga:
Cerita Sukses Flash Coolpad E502 Dalam 2 Hari
Cara Flash Vivo Y55 Tested Berhasil
Cara Mudah Reset Advan S4Z, Dijamin Berhasil


Lanjut... ternyata dengan SPD tool, masih error juga. Kali ini pesan errornya adalah "Failed: The second enumerating port timeout". Beberapa kali dicoba selalu berhenti dengan error ini.


Apa yang salah ya?

Ganti tool udah, mungkin harus ganti firmwarenya. Firmware Advan S7A yang pertama mimin gunakan adalah S730G_S7A_SC7731G_MB_2.0_5.1_070C_V1.6_161103.

Lalu mimin download lagi yang versi S730G_S7A_SC7731G_MB_2.0_5.1_070C_V1.1_160606_B1. Dengan firmware versi ini ternyata masih mengalami error yang sama, baik pada UFI Box maupun SPD Tool.

Oh ya, yang butuh firmwarenya langsung aja ke Firmware Advan S7A, punya mas Ariefati.

Masih tidak menyerah, mimin mencoba download 1 firmware Advan S7A lagi, yaitu yang versi S730GA_S7A_SC7731G_MB_1.1_5.1_070C_V1.0_170307_B1.

Pas dicoba flash Advan S7A menggunakan firmware yang 170307 di SPD Flash Tool, proses flash langsung berjalan lancar tanpa kendala dan hasilnya Tab Advan S7A hidup dengan normal sampai ke menu. Lihat penampakan Tentang telepon berikut ini:

Kesimpulan yang bisa mimin ambil adalah jika terjadi error failed the second enumerating port timeout, ini kemungkinan versi firmware yang digunakan tidak cocok. Mungkin berbeda versi. Misalkan di tab sebelumnya sudah versi 170307, sedangkan firmware yang kita gunakan untuk flash versinya masih 160606, mungkin akan terjadi error yang seperti mimin alami.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search