-->

Cara Flash Asus Z007, Lengkap dengan Link Download Firmware dan Asus Flash Tool

- January 02, 2017
Cara flash HP itu sebenarnya mudah kalau tahu caranya. Contohnya, flash hp Samsung yang Android itu menggunakan flash tool yang namanya ODIN. Kalau flash hp Advan, Mito, Evercoss yang menggunakan CPU Mediatek alias MTK pakai Smartphone flash tool (SPFT), kalau yang menggunakan CPU Spreadtrum pakai flash tool Upgrade Download atau Research Download. Kalau flash hp LG pakai LG Flash Tool 2014. 

Tool yang saya sebutkan diatas tidak mutlah harus pakai tool itu, ada tool lain yang bisa menggantikan flash tool tersebut. Teknisi yang mahir dengan jam terbang tinggi tentu tidak hanya mengandalkan tool gratisan tetapi juga menggunakan tool berbayar seperti Z3X untuk Samsung, Miracle Box, Volcano Box, Infinity Box dan lain-lain. Semakin banyak tool tentu akan mempermudah kita dalam melakukan perbaikan hp dari sisi software. Tentu ini juga harus dibarengi dengan pengetahuan tentang cara penggunaannya, tidak lucu kan ibaratnya punya senjata tapi tidak tahu cara menggunakannya.

Selain itu, faktor firmware alias stock ROM hp juga menjadi penentu keberhasilan proses flashing. Ada banyak stock ROM yang bisa kita cari di internet, misalnya untuk mencari dan mendownload firmware Samsung, situs yang paling terkenal adalah sammobile.com, situs ini menyediakan semua link firmware HP Samsung untuk berbagai tipe dan region. Terus ada juga situs needrom.com yang juga menyediakan banyak link download stock rom maupun custom rom. Ada juga teknisi yang berbaik hati dengan meng-upload koleksi pribadinya seperti berbagikoleksi.blogspot.com dan s4tri0.blogspot.com.
Kalau mau download stock rom LENOVO, kunjungi androidmtk.com atau firmwarefile.com
Kalau mau download stock rom Evercoss, kunjungi ponselgue.com
Kalau mau download stock rom Oppo, kunjungi www.oppo.com/id/downloads/
Kalau mau download firmware Samsung, kunjungi sammobile.com
Di helloponsel.blogspot.com juga ada banyak link download stock rom. Namun terkadang ada beberapa tipe HP yang susah dicari stock ROMnya, misalnya stock ROM Polytron, Stock ROM Nexian, Stock ROM Brancode. Kalau ga dapat firmwarenya, jangan coba-coba flash dengan firmware HP lain, dipastikan akan gagal dan membuat HP menjadi matot alias mati total.

Faktor lainnya adalah driver. Flash tool udah dapat, download firmware juga udah selesai, tapi ternyata HP tidak terbaca atau terdeteksi di komputer sehingga proses flash belum berhasil. Driver MTK, driver SPD, driver Samsung dapat Anda cari di google. Sebaiknya Anda menyimpannya dalam satu folder tersendiri agar mudah dicari. 

Hal berikutnya yang harus diperhatikan antara lain:
Komputer, minimal pentium 4 dengan OS Windows XP atau Windows 7. Lebih disarankan menggunakan Windows 7 32 bit, saya sendiri pakai OS ini, lebih enak dibanding XP. Namun untuk Xiaomi tipe terbaru seperti Redmi 3, Redmi 3S dan Redmi Note 3 harus menggunakan Windows yang 64 bit.
Kabel data USB yang bagus, jangan yang udah jelek dan goyang-goyan di ujungnya. Flash HP itu butuh koneksi yang bagus, makanya gunakan kabel data yang bagus.
Baterai minimal terisi 20%, beberapa HP memang bisa diflash walaupun baterainya cuma 1-2%, namun lebih disarankan untuk flash HP dengan baterai yang terisi minimal 20%. Gunakan desktop charger (casan kodok) untuk mengisi baterainya. 


Setelah Anda memahami apa saja yang dibutuhkan untuk flash HP, sekarang kita bahas eksekusinya dengan contoh cara flash Asus Zenfone C. Tidak usah panik ketika Asus Zenfone C Z007 Anda mengalami hang logo atau bootloop, solusinya cukup dengan flash ulang HPnya. Cara flash Asus Zenfone C juga tergolong mudah, firmware Asus Z007 juga mudah dicari dan prosesnya ga ribet kok. Salah satu blog yang membahas secara detail cara flash Asus Z007 adalah blog helloponsel.blogspot.com. Ini artikelnya, Cara Flash Asus Zenfone C.

Asus Zenfone C merupakan salah satu produk Asus yang cukup laris di pasaran. Dengan kapasitas RAM 1 GB dan harga terjangkau, Asus Zenfone C alias Zenfone Z007 ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Kali ini kita tidak akan membahas spec asus Z007 ataupun review harga asus zenfone C ini, tetapi kita akan membahas bagaimana cara flash Asus Zenfone C dengan menggunakan Asus Flash Tool. Permasalahan software yang paling sering dijumpai pada Asus Zenfone Z007 ini adalah bootloop, hang logo dan sistem error. Penyebabnya antara lain, salah root, salah install aplikasi, terkena virus ataupun menghapus file sistem secara tidak sengaja.

Cara Flash Asus Z007


Tidak usah panik ketika Asus Zenfone C Z007 Anda mengalami hang logo atau bootloop, solusinya cukup dengan flash ulang HPnya. Cara flash Asus Zenfone C juga tergolong mudah, firmware Asus Z007 juga mudah dicari dan prosesnya ga ribet kok. Sebelumnya, Anda harus download beberapa file berikut ini:
  • Asus Flash Tool, download disini
  • Firmware Asuz Z007 UL-ASUS_Z007-WW-4.11.40.155-user, download disini
  • Driver Fastboot, cari aja di google ya. Udah banyak banget yang share filenya.

Flash Asus Zenfone C harus dalam posisi fastboot mode. Cara masuk mode fastboot sebagai berikut:
HP dalam kondisi mati, cabut baterai dan masukkan kembali. Pasang casing belakangnya.
Tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power, tunggu beberapa saat hingga muncul logo Asus, lalu lepaskan tombol power. Tombol Volume atas tetap ditekan hingga masuk ke mode fastboot.

Setalah masuk ke fastboot mode, colokin HP ke komputer. Install drivernya jika belum terinstall. Anda bisa check di Device Manager, apakah sudah terbaca Asus Fastboot Devices. Belum tahu cara buka Device Manager???? Ampun DJ.... Jika Anda menggunakan Windows 7, klik tombol Start (pojok kiri bawah), pada kotak Search program and files, ketikkan saja Device Manager, nanti akan muncul programnya. Langsung dibuka dan check apakah fastboot devices sudah terbaca atau belum.

Selanjutnya adalah eksekusi cara flash Asus Z007, caranya sebagai berikut:
  1. Buka program Asus Flash Tool
  2. Klik pada kotak Model, lalu scroll ke bawah dan pilih model ZC451CG.
  3. Pilihan Wipe data biarin saja, atau pilih saja NO.
  4. KLik tombol seperti kotak berkas, lalu arahkan ke tempat Anda menyimpan firmware asus Z007 yang telah Anda download. Klik Open.
  5. Sambungkan HP yang sudah masuk mode fastboot ke komputer. Jika driver sudah terinstall dengan baik, program Asus Flash Tool akan membaca device tersebut dengan tampilan serialnya. (lihat videonya agar lebih jelas)
  6. Klik serial number Hp
  7. Klik start untuk memulai Flashing
  8. Process Flashing biasanya membutuhkan waktu rata-rata 5 hingga 10 menit, tergantung kecepatan komputer dan kondisi HP anda.


Beberapa kendala yang mungkin Anda temui dalam proses flash Asus Z007 antara lain:
  • Can't unzip file. Mungkin file download corrupt, silakan Anda download ulang atau coba download versi lain di situs resmi Asus.
  • Masih tetap hang logo. Coba lakukan proses hard reset. Caranya masuk ke mode fastboot lalu pilih recovery.
  • Ga bisa nge-cas. Ini yang paling sering dijumpai, setelah flash ga ada indikator petir ketika casan dicolokkin. Sebenarnya casan tersambung dan bisa ngecas, begitu dicolokkin kan ada getar sebentar. Itu tandanya udah bisa ngecas. Cuma kan kalau ga ada indikator cas, terasa aneh juga ya. Solusinya cukup mudah, Anda masuk ke menu Setelan lalu pilih Pembaharuan Sistem. Ukurannya downloadnya kecil kok, cuma sekitar 21MB.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat. Silakan share agar lebih banyak orang yang terbantu dengan informasi cara flash asus Z007 ini. Terus kunjungi helloponsel.blogspot.com untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia gadget dan android.

Tags:
cara flash asus z007 via adb
firmware asus z007
cara flash asus z007 via sd card
cara flash asus z007 via mmc
asus z007 bootloop
flash asus z007 via fastboot
asus z007 tidak bisa masuk droidboot
asus zenfone c stock rom
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search