-->

Cara Reset FRP Andromax E2 B16C2H

- November 28, 2016
Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya.

Sejak Android versi 5 yaitu Marshmallow, Google sebagai pengembang OS Android memperkenalkan fitur FRP (Factory Reset Protection), tujuannya sih bagus yaitu untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakan perangkat tersebut. Mirip seperti fitur Icloud pada Iphone, fitur FRP ini akan meningkatkan security pada OS Android.

Walaupun tujuannya bagus, namun kenyataannya sebagian user juga kewalahan dengan fitur ini. Maklum, tidak semua pengguna smartphone itu smart. Hehe...jangan tersinggung ya. Contoh kasusnya begini:
Kasus pertama, Andi menjual ponsel ke Budi, yah jual gitu aja. Tanpa dikasih tahu akun gmailnya, kalau kunci layarnya sih tahu, cuma si Budi lupa kunci layarnya. Mau tanyain lagi, eh Si Andi udah ga bisa dihubungi. Cilaka dua belas...mau ga mau, si Budi melakukan factory reset donk. Alhasil, ponsel terkunci FRP. Asemm tenan..
Kasus kedua, ponsel Cynthia tiba-tiba hang logo. Yah namanya hang logo, mau diapain lagi kan. Pertolongan pertama, yah dicoba factory reset. Ternyata, abis direset, ponselnya nyala normal tetapi terkunci FRP. Cynthia ini emang tipe cewek pelupa. Bikin akun gmail ga dicatat lagi. Lagi-lagi asemmm tenan..

FRP menjadi topik seru sejak tahun 2016. Ada beberapa cara untuk bypass FRP yaitu metode OTG dan metode Sidesync. Tiap ponsel berbeda-beda caranya. Di Youtube banyak sekali video tutorial, tetapi tidak semua berhasil diterapkan, mengingat ada patch dari update Android yang mencegah metode bypass FRP.

Untuk security 2015, metode OTG masih bisa digunakan. Baca selengkapnya disini
Untuk security 2016 semester pertama, metode OTG sudah tidak bisa digunakan. Diganti dengan metode sidesync, baca tutorialnya disini.


Walaupun konsepnya sama, caranya berbeda untuk tiap ponsel. Kali ini kita bahas FRP Smartfren Andromax E2 B16C2H. Untuk Andromax, metode OTG dan Sidesync tidak akan digunakan. Cukup bermodalkan jaringan internet/Wifi dan pengetahuan, bisa bypass FRP Andromax E2.

Triknya adalah memanfaatkan celah keamanan di OS Android Andromax. Langkah-langkahnya seperti berikut:

HP dalam posisi terkunci FRP, klik di kota minta email hingga muncul keyboard Android.
  1. Tekan dan tahan tombol @ hingga muncul tanda gear (pengaturan)
  2. Pilih Language / Bahasa
  3. Lalu tekan 2 kali pada tombol yang paling kiri (di bagian bawah layar sentuh), akan muncul Pengelola Tugas.
  4. Ketik Setting atau ketik Pengaturan, hingga muncul menu Settings/Pengaturan.
  5. Dari menu Setting, pilih Backup and Reset, aktifkan terlebih dahulu Backup my data. Lalu non-aktifkan Automatic Restore dan Backup my data.
  6. Lalu klik Factory Data Reset
  7. Tunggu hingga proses selesai. Silakan setting seperti hp baru.

Di Youtube, banyak video yang menampilkan cara bypass FRP Samsung dengan metode ini. Salah satunya adalah ini:









Advertisement

1 comments:

 

Start typing and press Enter to search