-->

Cara Flash Samsung B310E Tanpa Box 100% Tested

- January 11, 2017
Kali ini saya akan kupas tuntas seputar Samsung B310E dari sisi permasalahan softaware. Samsung B310E merupakan salah satu HP low end, bukan smartphone, dengan fitur minim namun tetap ada keunggulannya. Mengusung fitur Dual SIM, support memori eksternal, tanpa kamera, tanpa bluetooth, keunggulan HP ini terletak pada daya tahan baterainya. Dengan kapasitas baterai 800mAH saja dapat bertahan hingga 5 hari bahkan sampai 1 minggu, tergantung penggunaan juga. Jika Anda mencari HP yang hanya digunakan untuk komunikasi SMS dan telepon saja, HP ini sangat direkomendasikan. Harga Samsung B310E cuma di kisaran 320ribuan saja.

HP ini juga awet, ga banyak masalah (emang karena fiturnya minim). Paling banyak ditemui adalah kasus Samsung B310E lupa kunci sandi, baik itu kunci telepon maupun kunci SIM. Ada juga kasus Samsung B310E restart, tapi ini juga jarang. Kadang heran juga, HP dengan fitur minim saja masih dikunci, kalau udah lupa kuncinya repot dah.

Salah satu cara untuk membuka Samsung B310E phone lock adalah dengan menggunakan Box Z3X. Box ini dapat digunakan untuk membaca kode phone lock Samsung B310E, bahkan Samsung B310E Simlock juga bisa. Namun, ini hanya khusus untuk teknisi yang memiliki box Z3X saja. Caranya cukup gampang,
  • Buka Samsung Tool Pro
  • Pilih Model B310E
  • Klik tab Unlock
  • Klik Read Codes
  • HP dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol tengah ( tombol OK adalah tombol boot Samsung B310E), colokkin ke komputer menggunakan kabel data.
  • Tunggu hingga box Z3x membaca HP dan menganalisis datanya.
  • Silakan lihat kodenya jika sudah selesai. 

Lihat tutorialnya di gsmaceh.com ya 

Cara Flash Samsung B310E

Ada satu jenis kunci yaitu kunci privasi. Ini biasanya digunakan untuk mengunci fitur tertentu misalnya SMS atau fitur panggilan. Jadi setiap kali kita membuka fitur SMS, harus masukkin kode kunci terlebih dahulu. Untuk jenis kunci seperti ini, cara membukanya cukup gampang yaitu dengan menggunakan Samsung B310E reset code. Hanya saja, seluruh data di HP akan hilang, data seperti SMS dan kontak akan hilang. Samsung B310E reset code adalah *2767*3855# silakan ketik di HP makanya HPnya akan langsung restart dan melakukan proses erase EEP data. Tunggu hingga selesai, maka kunci privasi di HP Samsung B310E sudah hilang.

Kalau kasus restart gimana om? Tenang, ada solusinya kok, yaitu flashing ulang. Kita perlu melakukan program ulang, tentu kita perlu flash file Samsung B310E alias firmware Samsung B310E. Firmwarenya ada 2 format yaitu file pac dan file bin. File pac digunakan untuk proses flash menggunakan tool Research Download atau Upgrade Download yang merupakan flash tool CPU Spreadtrum, sedangkan file bin digunakan untuk proses flash menggunakan box flasher seperti Miracle Box, Infinity Box, CM2, GPG Dragon dll. 

Saya pribadi biasanya menggunakan file bin dengan box Miracle, karena file bin ini adalah hasil backupan dari HP normal (dijamin berhasil) dan ada pilihan Bahasa Indonesia. Sedangkan file pac itu tidak ada pilihan bahasa Indonesia (saya belum menemukan firmware Samsung B310E file pac yang ada BI). Namun file pac ini dapat digunakan dengan tool gratisan yaitu Research Download, kalau file bin kan harus pakai Box. Nah kalau belum punya Box Flasher, pakai aja file pac (tapi ga ada BI ya), kalau punya Box pakai aja file bin.

Oh ya, jika Anda memiliki box flasher tentu ada keuntungannya, yaitu bisa digunakan untuk buka kunci dengan cara melakukan format. Namun perlu berhati-hati juga dalam melakukan format, pengalaman saya pribadi pernah ada HP setelah diformat jadi mati total. Untungnya masih kedetek di komputer sehingga saya coba flash pakai file pac terlebih dahulu. Setelah nyala, baru saya flash ulang dengan file bin supaya ada pilihan Bahasa Indonesia. Jadi hati-hati kalau format Samsung B310E ya, selalu lakukan backup dengan cara Read terlebih dahulu.

Nah, sekarang tentu Anda ingin download firmware Samsung B310E kan, silakan check di link gsmaceh.com diatas, disana udah tersedia lengkap kok. Flash file ada, drivernya ada bahkan tool Research Download juga ada, tutorialnya ada gambarnya lagi, mudah dimengerti.

Ini ada video cara read code Samsung B310E menggunakan box Z3X


Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat terus kunjungi helloponsel.blogspot.com untuk mendapatkan Info HP Terlengkap dan info-info seputar dunia gadget. Terima kasih

Ooppss, tentu Anda tidak ingin ketinggalan info berikut:
Solusi Termudah Redmi 3 Sinyal 4G Hilang, Tanpa Root, Tanpa Unlock Bootloader 
Cara Membuat Kabel EDL Xiaomi 
Cara Fix MEID IMEI Null Andromax R I46D1G Menggunakan UFI Box 
Cara Hard Reset Oppo A37F Neo 9 
Cara Termudah Install TWRP Redmi 3, Tanpa Unlock Bootloader 
Samsung J111F Terkunci FRP, Ini Solusinya Tanpa Flash Tanpa Root 
Password USB Debugging Andromax G2 AD681H
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search