-->

Cara Flash Vivo Y55 Tested Berhasil

- April 04, 2018
Alkisah suatu hari datanglah pasien sebuah HP Vivo Y55 dengan kondisi terkunci. Berkaca dari pengalaman buruk saat menangani pasien Vivo V5s, salah file saat flashing hingga Vivo V5s menjadi bricked alias mati suri, maka kali ini saya lebih berhati-hati. 


Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:
1. Mencoba masuk ke menu recovery lalu mencoba wipe data, namun tidak berhasil karena tetap saja meminta password saat akan melakukan wipe data. 

2. Dengan menggunakan MRT Crack, saya mencoba erase userdata. Namun usaha ini juga gagal karena bootloader locked. Mungkin MRT asli (bukan crack) bisa melakukannya. Sayangnya saya belum punya MRT Dongle.

3. Saya lalu mengeluarkan senjata andalan sejuta umat teknisi Indonesia, UFI Box. Masuk EDL mode dengan cara menekan kedua tombol volume lalu colokkan ke kabel USB, klik Identify Devices malah error terus.

4. Lalu mulailah saya mencari firmware kesana kemari, ketemu di blognya firmware27.net. Saya download salah satu firmware disana, lalu kembali ke UFI dan Identify Devices, akhirnya bisa. Lalu tanpa ragu-ragu sedikitpun saya menggunakan fitur Special Tasks UFI untuk factory reset Vivo Y55 tersebut. Proses selesai dan hasilnya Vivo Y55 menjadi hang logo. Aseeemmmmm....

5. Karena HP ini masih bisa masuk ke mode fastboot dan mode recovery, saya kembali ke blog firmware27.net, download firmware Vivo Y55 yang OTA. Dua firmware OTA disana saya unduh (ukurannya lumayan 1,5GB tiap file). Lalu saya coba Install Updates dari menu recovery. Percobaan menggunakan kedua firmware OTA tersebut gagal, proses update sih berjalan hingga selesai, ga ada error. Tetapi Vivo Y55 tetap saja hang logo. Aseeemmmmm 2x

6. Sudah jam 11 malam, mata pun sudah tidak kuat lagi. Pikiran tertuju pada fitur System Repair Mode pada Vivo Y55 ini, ga ada salahnya mencoba. Koneksi ke WIFI berhasil dan proses tidak saya pantau karena sudah ketiduran. Malam itu tidur pun tidak nyenyak, entah jam berapa saya terbangun dan melihat kondisi HP tersebut, tidak ada tanda2 proses repair selesai, yang ada hanya tanda HP tersebut sedang charging. Saya mencoba menyalakannya dan menunggunya sebentar, namun tetap saja hang logo. Aseeemmmmm 3x... turu lagi ah.

7. Keesokan harinya, saya mencoba flashing saja. Tekad sudah kuat, juga sudah berdoa memohon kelancaran dari Yang Maha Kuasa. Percobaan flashing pertama menggunakan file [firmware27]PD1613F_EX_A_1.18.0_vivo_qcom_LA.UM.5.3-02910-89xx.0_msm8937 gagal, system_1.img not found. Mungkin UFI lagi ngambek, saya mencoba menggunakan tool lain Qcom phone download tool v2.1.0.1  dan QFIL, namun tetap saja error.

8. Tanpa kenal putus asa, saya mendownload 1 firmware lagi yaitu PD1613F_EX_A_1.18.0_vivo_qcom_LA.UM.5.3-02910-89xx.0_msm8937_split (ukurannya 2,5GB booo..) lalu dicoba flashing menggunakan UFI. Proses berjalan lancar hingga selesai dan taraaaaa...Vivo Y55 menyala normal hingga masuk ke menu. Assiikkkkkk

Demikianlah pengalaman berharga seorang teknisi HP... yang butuh firmwarenya saya sudah upload ke Google Drive, FILE ADA PASSWORD... cuma minta donasi pulsa 10ribu saja ke no 085292171620. Silakan Whatsapp terlebih dahulu sebelum mengirim pulsa.


Semoga bermanfaat....
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search